One Liner

By hanan2jahid - May 16, 2005



Saya sangat malu saat membaca sebuah email dari moderator sebuah milis. Pasalnya, saya sering posting “one liner”. One liner itu sejenis postingan yang hanya terdiri dari satu baris kalimat singkat, misalnya “setuju”, atau “iya dong”, dan lain-lain tanpa disertai kalimat-kalimat atau argumen pendukung yang menjelaskan kata tersebut (saya rasa para pembaca juga sudah tahu soal one liner ini).

Awalnya saya tidak tahu kalau jenis postingan one liner tidak diperbolehkan. Walaupun ada sebagian milis yang memperbolehkan. Memang ini adalah salah saya pribadi yang kurang teliti membaca netiket dari sebuah milis. Tapi alhamdulillah, ternyata masih ada saudara yang mengingatkan. Kalau tidak ada, bisa jadi postingan one liner berikutnya akan bertambah :)

Subhanallah...
Dari hal tersebut saya banyak belajar tentang aturan milis walaupun sudah lama bergabung bersama. Cyber jihad memang perlu, namun alangkah baiknya lagi bila aktivitas cyber kita bisa menghasilkan hal-hal yang bermanfaat, tidak hanya kesia-siaan belaka. Walaupun katanya dunia maya ini adalah dunia yang sangat bebas, namun lebih baik lagi bila disertai dengan disiplin terhadap aturan yang jelas dan benar. Mungkin termasuk blog ataupun chatting. Benar bukan?

Created by : hanan2jahid, saat diri ini berusaha menjadikan aktivitas cyber sebagai hal yang bermanfaat. Insya Allah.

NB : Afwan, semoga para pembaca bisa mengambil hikmah dari tulisan ini, dan semoga dakwah cyber tetap istiqomah. Tapi walaupun demikian, tetap profesionalisme dakwah cyber senantiasa dilakukan. Itulah ciri seorang muslim, profesional (mudah-mudahan ana juga bisa seperti itu ya).

  • Share:

You Might Also Like

0 comments