ABeGe

By hanan2jahid - May 16, 2005



ABeGe apaan sih? Sebenarnya kepanjangan dari ABG itu sangat banyak. Ada akhwat baru gede, ada akhwat berjilbab gede (maksa kali ya :D). Tapi pada kesempatan ini saya tidak membahas keduanya, melainkan ingin membahas ABG yang kepanjangannya adalah “Anak Baru Gede”.

Judul ini terinspirasi dari nasyidnya Justice Voice, sebuah grup nasyid yang sangat terkenal di kalangan ABG yang liriknya menarik, renyah, ringan namun bermakna. Mudah dicerna dan warna nasyid yang acapela semakin menambah antusias para remaja di Indonesia untuk memilih nasyid ketimbang musik lainnya. By the way, saya juga tidak ingi membahas tentang Justice Voicenya, tapi “ABG”nya.

Bicara tentang ABG memang tidak pernah ada kata habisnya. Dari dulu sampai sekarang ABG menjadi sebuah topik yang selalu hangat di kalangan orang tua, anak-anak, maupun ABG sendiri. Saya sendiri tidak tahu pasti sejak kapan singkatan ABG itu muncul, tapi yang jelas remaja usia pubertas (antara 13-17 tahun) termasuk ke dalam kategori ABG (kalau salah harap diralat). Dan biasanya karakter ABG sangat unik. Mereka akan berusaha mencari sebuah dunia yang sesuai dengan nalurinya, dengan ke-AKU-annya, dan dengan segala hal yang membuatnya bertanya-tanya “Siapa aku ini?”. Mereka juga akan mencari identitas dirinya di manapun berada, siapapun teman-temannya, dan bagaimana cara memperolehnya. Ingin menjadi idola, ingin diakui keberadaannya, dan selalu meniru apa yang menjadi trend anak muda saat ini. Maka pada saat-saat seperti ini peran orang tua dan lingkungan sangatlah penting dalam perkembangan jiwa para ABG.

Tapi kondisi bagaimana yang seharusnya dimiliki para ABG? Saya jadi ingat lirik nasyid Justice Voice kembali, “Udah cakep, soleh, prestasinya oke”. Sangat indah didengar. Memang seperti inilah kriteria pemuda islam. Cakep maksudnya bukan tampang yang cantik atau tampan, melainkan mampu melakukan hal-hal yang luar biasa, gesit, aktif, kreatif, dan memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Soleh berarti pemuda yang teguh dalam prinsip islam, rajin beribadah, akhlak yang baik, dan bangga dengan keislamannya sehingga senantiasa menerapkan nilai-nilai islam sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah di manapun berada. Terakhir, prestasinya oke. Setelah mampu memaksimalkan potensinya, maka prestasi yang dicapai juga merupakan prestasi yang membanggakan dalam hal-hal positif. Potensi pemuda antara lain adalah pemberani, pikiran ideal, kokoh pendirian, dan keuatan akal, jasad, dan ruhani yang bagus.

Banyak para pemuda terdahulu yang memiliki potensi yang luar biasa. Contohnya nabi Ibrahim yang pada usia remaja telah berani menghancurkan berhala-berhala di Mekkah. Ada juga Ali bin Abitholib, yang pada usia remaja telah memegang panji islam dalam peperangan. Masih banyak pemuda-pemuda islam yang lain yang prestasinya sungguh gemilang. Subhanallah...

ABG merupakan kaum yang sering kita lupakan, padahal mereka adalah penerus bangsa ini. Merekalah pewaris negeri ini, karena di pundak merekalah negeri ini akan dititipkan. Seandainya para remaja atau ABG saat ini sudah terlena dengan berbagai suguhan-suguhan yang tidak normatif, yang instan, dan hanya menampilkan berbagai kenikmatan semu belaka, maka buka mustahil jika suatu saat remaja negeri ini akan tertidur, dan ketika terbangun mereka hanya akan menjadi boneka-boneka yang tidak berprinsip, yang akan patuh oleh majikan yang telah membesarkan namanya.

Alangkah baiknya bila para remaja islam memiliki aktivitas yang bermanfaat dalam arti manfaat yang sebenarnya, yang sesuai dengan fitrah islam. Banyak cara yang bisa dilakukan ABG, seperti aktif di ROHIS, organisasi pendidikan dan keislaman, aktif dalam kompetisi pendidikan, dan lain-lain. Banyak sekali jika mereka mau. Dan saya yakin mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin negeri ini kelak, pemimpin yang menjunjung nilai-nilai kebenaran.

Created by : Hanan2jahid (yang sudah tidak ABG lagi :D), teringat akan kehidupan para ABG yang sering terlupakan.

NB : Ayo, buat para ABG, maksimalkan potensimu, dan jadilah remaja yang keren abis dalam segala hal. Insya Allah, gak bakal nyesel deh. Tapi ingat, harus sesuai dengan Al-qur’an dan sunnah ya. Gaul tapi syar’i gitu lho. Ana yakin antum dan antuna yang ABG bakal bisa melewati semua tantangan zaman, okeh. :)

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Anonymous7:30 PM

    miris memang lihat kondisi abg2 kita ya vy. baca gak imel yg dikirim "foens" ke milis IMB...?sesak hati membacanya...

    Semoga mereka, para abg itu,para agen perubah itu, segera menggapai hidayah Allah, amin.

    =umm nida=

    ReplyDelete