Kisah Anak-Anak Jalanan

By hanan2jahid - July 25, 2005

Di suatu pagi....
Pagi yang menyegarkan sangat menggoda untuk bersenandung, senandung para mujahid. Namun pagi itu, senandung yang biasa saya lantunkan dalam hati harus berhenti sejenak. Saat lampu merah di perempatan, anak jalanan yang usianya saya taksir masih sekitar 6-7 tahun mulai memainkan alat musik khas mereka di angkutan-angkutan umum. Saya tak tahu apa nama alatnya, bunyinya mirip kerincingan, tapi hanya terbuat dari kayu kecil yang di ujungnya ditambahkan kepingan-kepingan logam hingga membentuk suara-suara yang tak seberapa.

Ia duduk di bangku pinggir, tepat di depan saya. Ia terus saja menyanyi tanpa menghiraukan para penumpang yang mungkin sudah tak tahan mendengarkannya. Lagu yang ia nyanyikan pada umumnya lagu-lagu band indonesia, namun karena kurang profesional, jadi suara yang terdengar hanyalah suara sumbang. Tanpa sadar saya terus memperhatikan anak itu menyanyi. Badannya kurus, kecil, agak kumal, dan wajahnya menampakkan keletihan. Lalu saat ia selesai menyanyi, seperti biasa ia menyodorkan kantong plastik untuk diisi penumpang. Saya lihat ia tetap duduk di bangku itu walau sudah selesai mengerjakan tugasnya. Mungkin ia turun di persimpangan lampu merah berikutnya, pikir saya waktu itu.
Hmm...matanya menerawang. Sarat akan pengharapan. Lalu saya tanya ia, “Apa ngga sekolah dek?”, dengan singkat ia jawab, “ngga”. “Di mana rumahnya?”, “Dekat sini”, jawabnya sambil menunjuk arah rumahnya. Belum selesai rasa penasaran ini, lampu merah berikutnya sudah menyala. Akhirnya saya harus rela melepaskannya pergi. Hiks.

Siang yang terik...
Pulang kuliah seperti biasa saya naik angkot. Lalu di perempatan lampu merah lagi, saya bertemu dengan anak jalanan yang lain, kali ini seorang gadis cilik. Suaranya cukup bagus, tidak seperti yang pernah saya jumpai. Alat yang ia pakai pun lebih maju, sebuah gitar mainan. Dengan lihai ia memainkan jari-jemarinya, mendendangkan sebuah lagu. Lagu yang biasa dinyanyikan mahasiswa waktu aksi reformasi dulu, tentang anak negeri. Saya cukup hafal dengan lagu itu, walau dulu tidak pernah dimainkan dengan alat musik apapun. Namun, dalam hati saya sangat khawatir. Seorang anak perempuan kecil, yang masih lugu, masih belum faham dunia luar, dunia yang keras, harus berada di jalanan seharian. Jalanan yang sangat rawan dan sarat akan kekerasan. Apalagi bagi seorang anak perempuan cilik. Duh, betapa mirisnya.

Hujan di suatu malam...
Malam itu, orang tua mengajak makan malam di luar. Bukan di restoran mewah, tapi di sebuah warung nasi, yang menyediakan sea food dan bebek goreng. Saya lebih suka makan di warung-warung pinggiran ketimbang di sebuah restoran mahal. Lebih nyaman duduk bersama orang-orang yang apa adanya, dari pada harus di restoran mewah, yang makan saja harus diatur (hanya persepsi pribadi kok J). Lalu seorang anak kecil, anak jalanan juga, menghampiri meja kami. Ia menyodorkan semir sepatu, menandakan ia ingin menyemir sepatu kami. Lalu saya spontan tersenyum padanya, “Maaf ya dek, kakak ngga pakai sepatu, tapi pakai sandal”, sambil saya sodorkan kedua kaki saya. Ia tertawa, kami pun tertawa. Tapi ayah memberinya sedikit uang agar ia tidak kecewa.
Hmm...aroma makanan sudah menggoda. Lalu dengan lahap saya makan hidangan yang telah diberikan. Tapi kemudian, saya tersentak. Saat tiba-tiba mata saya tertuju pada anak tadi. Duh, hati ini tak kuasa menahan iba. Di saat saya menikmati makanan enak, ia hanya bisa memandangi sambil berteduh di bawah ruko karena hujan.
Masya Allah, selera makan saya tiba-tiba hilang. Tapi bagaimanapun juga harus dihabiskan, mubadzir. Dalam hati saya bertanya, anak itu apa tidak pulang, apa orang tuanya tidak kecarian, apa ia tidak sekolah besok, apa ia tidak sakit, dan lain-lain. Tapi pertanyaan itu hanya sampai di hati saja, tanpa ada jawaban.

***
Begitulah sekelumit kisah anak-anak jalanan yang sarat akan hikmah dan pengalaman. Tak disangka, negara yang memiliki undang-undang pemeliharaan anak-anak terlantar, namun justru mereka semakin banyak di jalanan, baik besar maupun kecil. Tanpa ada pembinaan, pengayoman, pengontrolan, dan lain-lain yang menjaga potensi-potensi mereka agar tidak terjerumus pada hal-hal yang buruk. Bagaimana dengan LSM, rumah singgah, dan lain-lain? Saya merasa kebanyakan mereka belum maksimal. Yah, itu hanya secuil dari banyaknya masalah yang dihadapi di jalanan. Mereka bukan hanya butuh materi, tetapi mereka butuh pembinaan diri, kasih sayang, pendidikan, keterampilan, dan lain-lain yang dapat menyokong eksistensi mereka untuk bertahan. Menghidupkan kembali potensi mereka ke arah positif, bukan sekedar turun ke jalan.
Yah..ini PR besar buat kita semua, buat bangsa ini. Sekedar memperhatikan mereka sejenak, saya rasa tidak ada salahnya bukan?

NB: Jadi kangen ama anak-anak jalanan itu. Kangen mendengar celotehannya, suaranya, canda tawanya, dll. Ah, hidup ini mungkin tak akan berwarna jika tak ada mereka.

Created by : Hanan2jahid, di tengah-tengah tumpukan laporan, zzzzz :D

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. Anonymous4:13 PM

    NB: Jadi kangen ama anak-anak jalanan itu. Kangen mendengar celotehannya, suaranya, canda tawanya, dll. Ah, hidup ini mungkin tak akan berwarna jika tak ada mereka.==> hidup ini akan lebih berwarna ketika sdh tdk ada lagi anak jalanan :">

    ReplyDelete
  2. Anonymous3:25 AM

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. ya,hidup ini tak akan berwarna jika tak ada anak-anak jalanan, tapi akan lebih berwarna jika mereka tidak ada, jika mereka bisa menjadi lebih baik dari sekedar anak jalanan. Syukron buat masukannya.:)

    ReplyDelete
  4. Anonymous11:24 PM

    dan akhirnya betapa saya harus sangat banyak bersyukur kepada Allah seraya terus menerus memohon pertolongan padaNya dan mendukung saudara2 yg bisa turun langsung membantu menyelesaikan persolan bangsa ini...

    --ummmi nida---

    ReplyDelete
  5. Anonymous12:21 PM

    Perempuan cilik yang tercabik debu dan mengulum karbon monoksida,
    di trotoar lampu merah perempatan jalan,
    memainkan kemoceng dan bersenandung:
    “Aku bukan anak terlantar
    melainkan masa depan yang terpinggirkan”...

    Hujan senja bulan juni
    semakin alpa dengan perasaan

    Karena senantiasa, ruap aroma debu perjalanan, dalam lebat
    hujan senja kali ini

    Senja yang itu-itu juga

    Selalu gaib :

    Kesekian
    Waktu berdenyut

    Entah pada detik keberapa


    Apa lagi yang kita cari
    ketika pagi datang lagi entah untuk jam ke berapa
    tak pernah pasti barangkali

    Atau sebatas halusinasi :
    Kenangan yang seketika. Deras menggema
    dari layar televisi

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum..salam kenal yah...mo comment ttg anak2 jalanan. saya juga merasa sama spt yg mas ( atau dik ? ) rasa saat liat anak2 itu( posting pertama saya jg ttg anak2 jalanan ;D ). ga seharusnya mrk ada di jalanan. Tp byk jg dr anak2 itu yg ada di jalan krn keinginannya sdri, mgkn utk bantu ortu-nya,mgkn utk alasan lain. saya coba menjadikan mrk sbg cermin, bhw betapa saya msh sgt beruntung dibanding mrk & byk org2 lainnya. mgkn mrk msh terus akan ada di jalanan& bertambah byk jumlahnya, dgn kondisi negeri qta yg spt ini...menyedihkan mmg...

    ReplyDelete