Proses Industri Ramadhan

By hanan2jahid - October 15, 2005

Image hosted by Photobucket.com

Umpan masuk berupa manusia dengan laju alir 1 orang per bulan masuk ke unit proses pembinaan yaitu unit pembelajaran pertama untuk memperoleh pemahaman dan ilmu. Pemahaman terhadap aqidah dan implementasinya dalam sebuah gerakan. Lalu masuk ke unit proses selanjutnya, yaitu pembelajaran tahap dua dimana manusia akan mengaplikasikan ilmu dan pemahamannya dalam al-‘amal, khususnya pembinaan diri terhadap amalan-amalan harian baik wajib maupun sunnah. Kemudian manusia akan masuk ke unit pembelajaran ketiga, dimana manusia akan melakukan proses dakwah untuk mengajak manusia lain kepada kebenaran dan kebaikan serta menghindarkan dari kemaksiatan, lalu melakukan proses yang lain yaitu melakukan perubahan dalam masyarakat sedikit demi sedikit. Keluaran unit ini akan direcycle sebagian, yaitu mengalami proses berkelanjutan di mana selama ia melakukan proses perubahan terhadap orang lain, ia tetap melakukan pembinaan terhadap diri sendiri. Hasil akhir dari proses ini adalah terciptanya da’iyah yang mampu merekrut manusia lain ke dalam proses pembinaan selanjutnya hingga perlahan akan semakin berkembang menjadi beberapa manusia lain yang memiliki pemahaman keislaman dan pergerakan yang tinggi. Sehingga bukanlah suatu hal yang mustahil untuk menciptakan pola masyarakat islami yang memiliki visi dan misi keislaman yang tinggi.

Ramadhan adalah sebuah momentum perubahan. Saat ramadhan inilah hampir seluruh muslim menjadikannya momentum perubahan. Orang berlomba-lomba melakukan kebaikan, walau parsial namun tak sedikit yang melakukannya secara integral. Kesempatan yang sangat tepat untuk melakukan proses pembinaan masyarakat, proses tarbiyah, sehingga masyarakat akan tercelup ke dalam celupannya Allah swt. Syurga terlalu luas untuk diri kita sendiri, maka mari kita cari sebanyak-banyaknya manusia agar syurga tak hanya diisi oleh orang-orang yang hanya shalih pribadi tetapi juga dihuni oleh jama’ah manusia yang saling mengingatkan akan kebaikan dan mencegah kemunkaran.

Created by : Hanan2jahid, ramadhan ke 11, masih ada kesempatan untuk melakukan revolusi itu. Fastabiqul khoirot...!




  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Anonymous12:39 PM

    Assalamu'alaikum...!! Pa kbar ukhti..? Semoga sehat wal'afiat dan selalu dalam naungan Rahmah Alloh, amin.

    Met shoum Ramadhan ya.., smg Alloh memudahkan kita dalam melaksanakan dan menegakkan syariat Alloh dgn penuh iman dan keikhlasan.. , amin.. Moga kita istiqomah selalu...

    Oya, salam dangan ikhwah di USU, tetap berjuang, Allahuakbar..!! ;-)

    ReplyDelete